Senin, 12 Desember 2011

fosil



                Pengertian Fosil adalah semua sisa, jejak, ataupun cetakan dari manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan yang telah terawetkan dalam suatu endapan batuan dari masa geologis atau prasejarah yang telah berlalu. Karena harus terendapkan, maka sebuah fosil harus diperhitungkan dalam ribuan tahun. Proses pembentukan fosil: pertama bahan baku harus organik dari makhluk hidup; kedua harus diendapkan dalam suatu lingkungan pengendapan fosilisasi (endapan volkanik atau satuan karst); dan ketiga faktor masa/waktu yang diperlukan untuk fosilisasi. Perlakuan terhadap temuan fosil adalah pengeringan dengan cara diangin-anginkan tanpa kena sinar matahari langsung; pembersihan; rekonstruksi; dan identifikasi. Manfaat fosil bagi ilmu pengetahuan adalah untuk merekonstruksi proses evolusi fisik manusia; evolusi faunal; dan lingkungan purba serta lansekap vegetasi. Situs-itus kontributor fosil manusia adalah Sangiran, Kedungbrubus, Trinil, Ngandong, Sambungmacan, Ngawi, Perning, dan Patiayam.
Salah satu persepsi masyarakat luas mengenai pengertian sebuah fosil dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah barang-barang kuna ataupun purbakala. Benak masyarakat luas lebih mudah mengkaitkan pengertian fosil dengan sesuatu yang antik dan berkonteks masa lalu. Sebagian dari persepsi tersebut benar, akan tetapi sesungguhnya sebuah fosil mempunyai pengertian yang lebih luas dan lebih spesifik. Oleh karena itu, persepsi masyarakat tentang fosil di atas baru merupakan pengertian awal –sebagian dari keseluruhan pengertian- yang dilengkapi dengan pengertian-pengertian yang lebih sempurna. Dalam konteks tersebut, perlu diberikan beberapa pemahaman mengenai fosil dan seluk beluknya, sehingga dapat dihindari persepsi masyarakat tentang fosil yang kurang pas.
Tapi menurut sebagian orang fosil itu dihasilkan oleh pembekuan lahar yang menjadi batu (lahar yang menimpa hewan atau mahluk purba tersebut) ketika terjadi letusan gunung berapi yang mengakibatkan kehancuran bumi. Sebenarnnya ada benarnya juga karena bagaimanapun kuatnya suatu bangkai pasti akan mengalami pembusukan apabila sudah berumur ribuan tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar